Indonesianriddle.blogspot.co.id

Review Kasus Elisa Lam

Februari 2013, mayat seorang perempuan ditemukan dalam tangki air di atap hotel, dan akses menuju atap hanya bisa dilakukan melewati tangga darurat dan sebuah pintu yang terkunci rapat.

Mungkin banyak riddler sudah mengetahui cerita yang sempat membuat geger warga Los Angeles dan telah mencetuskan perbincangan hangat di seluruh dunia tersebut.


Polisi menutup kasus ini, dan menyatakan bahwa korban mengalami kecelakaan, atau Accidental Drowning. Ditambah, fakta bahwa korban mengidap penyakit mental yang disebut Bipolar Disorder.
Namun hingga kini, kasus ini masih banyak diperbincangkan karena banyak pihak yang tidak puas dengan hasil penyelidikan tersebut, serta saking banyaknya hal-hal ganjil dan keanehan yang terjadi.

Seperti apa sih keanehan kasus ini?
Yuk, kita ungkap fakta-fakta "mengerikan" dibalik kisah yang bagi sebagian orang dianggap belum selesai sampai saat ini..
Ingat gan, ini bukan seperti riddle-riddle yang ane buat sebelumnya. Karena kisah ini nyata dan benar-benar terjadi.

Anda merasa detektif ? Coba pecahkan kasus ini : Pembunuhan pelatih tim basket

Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id


Elisa Lam (lahir 30 April 1991 - 2013), adalah seorang mahasiswi di Universitas British Columbia, Kanada.
Usianya 21 tahun, pada tanggal 26 Januari 2013 ia pergi ke Los Angeles seorang diri untuk berlibur dan check in ke hotel Cecil di pusat kota.
Staf hotel melihatnya terakhir kali pada tanggal 31 Januari 2013. sebelum akhirnya dinyatakan hilang selama 19 hari oleh pihak kepolisian.

Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id   Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id


Nah, karena Elisa udah resmi menghilang nih, maka pada tanggal 13 Februari, polisi Los Angeles meminta bantuan masyarakat yang mungkin melihat Elisa dengan menyebarkan sebuah rekaman CCTV lift hotel yang digunakan Elisa sebelum dirinya menghilang.
Namun tak ada laporan seseorang melihat Elisa Lam.

Naasnya, pada tanggal 19 Februari, Elisa ditemukan di dalam tangki air di atap hotel dengan keadaan telanjang dan sudah tak bernyawa. Pakaian dan tas korban ditemukan mengambang didalam tangki.
Pekerja hotel menemukan mayat elisa setelah menanggapi keluhan tentang air hotel yang berubah warna, serta memiliki bau busuk dan rasa.

Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id

kira-kira seperti ini keadaan mayat saat ditemukan

Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id


Indonesianriddle.blogspot.co.id
Sumber : Google

Uniknya, kisah kematian Elisa Lam ini sangat mirip dengan film horor jepang berjudul "DARK WATER" (2002). Dalam film tersebut, pemilik sebuah apartemen menemukan mayat seorang gadis setelah penghuni apartemen mengeluhkan air berbau busuk.
Ditambah pada satu adegan, pemeran film bahkan memakai pakaian yang sangat mirip dengan Elisa.
Mungkin hanya sebuah kebetulan, tapi ini adalah kebetulan yang mengerikan bukan ?

Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id
Baju yang dikenakan pemeran Dark Water dan Elisa sangat mirip

Kembali ke misteri utama.
Ada dua hal yang membuat kematian Elisa menyisakan pertanyaan besar dan merupakan misteri utama dalam kasus ini.
Yang pertama adalah bagaimana mungkin Elisa bisa naik ke atap dan masuk ke dalam tangki mengingat akses ke atap hanya bisa dilakukan melewati tangga darurat dan sebuah pintu yang terkunci rapat.
Yang kedua adalah rekaman CCTV yang memperlihatkan tingkah laku Elisa yang sangat aneh.

Dalam rekaman tersebut, di dalam lift Elisa manpak sendirian. Kemudian dia keluar dari lift. Dia seperti melihat sesuatu, menghindari entah apa, melakukan gerakan aneh lalu tampak berlari dan pintu lift yang enggan menutup.

Ah, pokoknya tonton langsung aja videonya biar lebih jelas. Nih ane kasih videonya gan.
Super duper aneh dan bikin merinding..
Ini video udah disertai penjelasan jadi penonton bisa lebih menikmati isinya :)



Kalo gak bisa muter videonya bisa cek disini

Atau kalo mau nonton rekaman aslinya  langsung cek disini

Menarik dan aneh banget kan ?

Apa yang sebenarnya terjadi pada Elisa Lam di dalam lift tersebut ? Mengapa dia bertingkah terlalu aneh ?
Banyak orang menganggap Elisa berinteraksi dengan makhluk halus penunggu hotel horor tersebut sebelum ia menghilang. Karena memang hotel Cecil memang banyak memiliki sejarah kelam di masa lampau.

Jika Elisa Lam dibunuh, maka lokasi dan kondisi yang menyertai penemuan mayatnya menunjukkan kalau pembunuhan ini adalah sebuah kejahatan yang sempurna.

Pada tanggal 21 Juni 2013, pihak kepolisian mengumumkan bahwa kematian Elisa Lam terjadi akibat "Accidental Drowning" atau tenggelam karena kecelakaan.
Pemeriksaan ini juga menemukan kalau Elisa menderita Bipolar Disorder (penyakit mental yang berhubungan dengan perubahan mood yang drastis) yang bisa jadi berkontribusi terhadap kecelakaan ini.
Pengumuman ini membuat keluarga Elisa kecewa karena tidak ada penjelasan bagaimana Elisa bisa sampai ke atap hotel.

Apa benar bahwa kasus seaneh ini terjadi karena kecelakaan seperti keterangan pihak kepolisian ?
Apakah pihak kepolisian telah benar-benar menyelesaikan kasus ini ? Atau ada kemungkinan lainnya?

Namun, untuk sedikit mengobati rasa penasaran kita, tidak ada salahnya untuk mengkaji ulang kasus ini.

Jika benar karena kecelakaan.

Oke lah, kita anggap kematian Elisa karena sebuah kecelakaan seperti keterangan pihak kepolisian. Tapi ini akan menjadi kecelakaan teraneh sedunia, dan patut dicantumkan dalam Guinness Book of Records untuk kategori kecelakaan teraneh. Haha.. 

Ingat, kondisi mayat saat ditemukan dalam keadaan telanjang. Bayangkan saja, setelah bertingkah aneh di dalam lift, Elisa seorang diri (tanpa satupun orang yang melihat) menuju atap hotel lalu memanjat tangki air besar dengan kondisi tanpa busana kemudia terpeleset masuk tangki air. Lalu apakah tangki air tersebut menutup dengan sendirinya ?

Belum lagi akses menuju atap hanya bisa dilakukan melewati tangga darurat dan sebuah pintu yang 
konon selalu terkunci. 

Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id
Empat tangki berdempetan. Akses pun hanya bisa dilakukan lewat
tangga darurat dan sebuah pintu yang konon terkunci rapat


Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id  
Tangga darurat terletak di luar bangunan hotel
Gambar diatas menunjukan lokasi tangga darurat untuk menuju ke atap hotel.
Jika Elisa menggunakan tangga tersebut sebelum kecelakaan terjadi, mustahil tak ada seorangpun yang tak melihat wanita berparas asia sedang menaiki tangga itu.
Letak hotel ini berada di pusat kota Los Angeles yang setiap detik dipastikan ada manusia yang lewat atau sekedar mampir di sekitaran hotel. Ditambah lagi hotel Cecil adalah hotel yang cukup terkenal, terutama karena sejarah kelamnya.

Kesimpulannya, tak ada orang yang kecelakaan secara tidak sengaja masuk ke dalam tangki air dengan kondisi telanjang.

Lalu, bagaimana dengan Bipolar Disorder yang diderita Elisa ?

Saya pernah menjumpai satu blog yang mengatakan bahwa "Bipolar Disorder tidak akan merusak mental sejauh itu, Elisa juga seorang mahasiswi yang berpendidikan. Akan sangat kecil peluangnya jika dia melepas semua bajunya dan bermain diatas tangki air yang selalu tertutup."



Namun saya tidak sepenuhnya setuju dengan pernyataan tersebut. 
Sekedar informasi tambahan saja, setiap orang pada umumnya pernah mengalami perubahan suasana hati (mood swing), namun perubahan itu tidak terlalu berdampak pada lingkungannya. Mood swing dapat dikatakan mengganggu apabila terjadi dengan sangat ekstrim. Kondisi tersebut dapat digolongkan ke dalam Bipolar Disorder.

Istilah ini mengacu pada suasana hati yang dapat berganti secara tiba-tiba dana sangat bertolak belakang seperti dua kutub (bi-polar) yang berlawanan, yaitu positif yang berupa rasa bahagia (hipomania/mania) dan negatif berupa rasa sedih (depresi) yang berlebihan.

Sebagai contoh, di awal minggu seseorang mengalami mood yang baik namun cenderung over-exiting, lalu secara mengejutkan di akhir minggu mengalami depresi berat hingga muncul keinginan untuk bunuh diri.
Tapi pada beberapa orang, mania dan depresi mungkin berganti dengan sangat cepat, ini dikenal sebagai "rapid-cycle". Kondisi mania ekstrim kadang bisa menyebabkan gejala psikotik seperti delusi dan halusinasi.


Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id

Perilaku aneh yang dilakukan Elisa Lam dalam rekaman CCTV bisa juga disebabkan karena ia sedang berada dalam kondisi mania tingkat ekstrim. Gerakan tangan dan tingkah yang seolah sedang berinteraksi dengan "entah apa" juga hanya ada dalam pikirannya karena efek halusinasi tersebut.

Namun, kemungkinan ini dengan mudah dipatahkan oleh kenyataan bahwa tak seorangpun yang mengetahui "dimana" dan "kemana" Elisa Lam setelah terlihat dalam lift di rekaman CCTV itu.

Review Kasus Elisa Lam, Indonesianriddle.blogspot.co.id


Elisa Lam mati karena dibunuh ?

Banyak teori yang mengatakan bahwa Elisa Lam mati karena dibunuh, dan tiap teori menerangkan cara pembunuhan yang dilakukan oleh si pembunuh.
Namun, sebaik apapun teori itu, akan menjadi tidak masuk akal karena menurut pihak kepolisian, mereka memiliki lebih dari 100 jam rekaman dan hak akses seluruh CCTV di dalam hotel Cecil.
Apabila Elisa memang bersama seorang pembunuh pada hari itu, pastilah akan terlihat pada CCTV dan polisi akan langsung memiliki tersangka.

Tapi, ada hal lain yang menurut saya membuat kasus ini semakin runyam dan penuh tanda tanya.
Kembali lagi ke rekaman CCTV. Bukan karena tingkah Elisa, namun dari beberapa sumber yang saya baca, rekaman tersebut sudah tidak asli lagi alias sudah diotak-atik.

Apa yang paling aneh tentang rekaman ?

Menurut para ahli, waktu yang tertera disudut rekaman sangatlah aneh. Kecepatan video juga telah melambat secara substansial.
Ada momen dalam video dimana waktu jelas melompat kedepan, menunjukkan hilangnya beberapa waktu pada rekaman. Namun entah kenapa, ada lebih dari satu menit dari rekaman dimana Elisa tidak terlihat sama sekali dalam video.
Why ? Kenapa pihak kepolisian membeberkan video sudah dalam kondisi seperti itu ?

Pernyataan diatas bersumber dari http://rationality-not-insanity.tumblr.com/post/129821936019/pro-bees-anti-feminism-the-eagle-atarian

Nah, kebetulan ada kaka ahli IT Indonesia yang bisa menjelaskan bahwa rekaman CCTV tersebut sudah diedit nih. Ini sekaligus membuktikan pernyataan diatas bahwa ada hampir 1 menit dari rekaman tersebut yang dihilangkan. woooow !!

Ane share video nya nih dibawah ..
Nonton dengan sabar ya :)


Kalo gak bisa muter videonya bisa cek disini

Nahloo.. Makin runyam dan aneh kan kasus ini ?
Jika benar rekaman tersebut sudah diedit, makan pertanyaan yang sebenarnya adalah "mengapa LAPD tidak menyebarkan video aslinya saja ?"

Kenapa hanya satu rekaman saja yang disebarkan oleh pihak kepolisian padahal menurut keterangan mereka memiliki lebih dari 100 jam rekaman dan hak akses seluruh CCTV hotel Cecil ?

Sebelum kita berspekulasi yang aneh-aneh, kita perlu menyadari bahwa kasus ini tidak akan bisa dipecahkan hanya dengan melihat beberapa foto dan rekaman serta membaca beberapa cuplikan berita.

Oke para riddler Indonesia.. Apa pendapat kalian ?

B.J.Habibie Menyukai Ini :

Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Ananda
admin
15 July 2016 at 17:47 ×

DI dalam rekaman CCTV nya, doi juga seperti melambai ke seseorang dan mengajak nya pergi bersama.. memang seram

Reply
avatar
Charstray
admin
31 July 2016 at 10:56 ×

saya nemu postingan ini dari analytics youtube.. saya bukan ahli IT, cuma orang random yang kebetulan tau..

Reply
avatar
Anonymous
admin
4 August 2016 at 18:09 ×

Padakayaktaikopiniliaryangmanusiamanusiasokpintardansokpalingmengertiberdasarkanbuktidiinternetsaja. Salamorangorangsokpinter

Reply
avatar
Unknown
admin
1 December 2016 at 18:15 ×

yak dia bermain "elevator to another world". Hotel Cecil memiliki jumlah lantai yg memenuhi syarat permainan tsb. Juga di dalam video, waktu menunjukan malah hari dimana juga memenuhi syarat permainan tsb. Hanya opini, jika salah di perbaiki, ga perlu kritik yg pake emosi haha...

Reply
avatar
Elle
admin
11 July 2017 at 12:46 ×

Ada kebetulan yang sangat aneh dalam kasus Elisa Lam -

https://www.youtube.com/watch?v=pt8lhNNk9So

Menyeramkan!

Reply
avatar
Anonymous
admin
6 December 2018 at 15:23 ×

Yang perlu dicurigai adalah siapa yg paling diuntungkan dalam kasus ini, pasti ada kaitannya dengan peristiwa ini

Reply
avatar

Kesempurnaan blog ini juga karena komeng anda yang bermutu. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment