Indonesianriddle.blogspot.co.id

Membuat dan Memecahkan Sandi Caesar



Haloo sahabat Indonesia penggila misteri dan teka-teki. Semoga Allah meningkatkan derajat orang-orang yang suka membaca dan berfikir seperti kalian (amin).
Setelah lama vakum karena kesibukan kuliah yang menyenangkan, akhirnya blog indonesian-riddle ini menjadi berlumut, berkerak dan dipenuhi butiran debu.
Butiran-butiran debu tersebut membuat pengarang tersesat dan tak tau arah jalan pulang guys (haha).
Maka dari itu, kali ini pengarang membulatkan tekad untuk kembali terjun dalam dunia misteri dan teka-teki sehingga dapat terus menyajikan cerita-ceritan maupun artikel yang (semoga) menghibur dan bermanfaat bagi para pembaca Indonesian-riddle ini.

Pada artikel kali ini, pengarang akan membahas tentang satu cara menyampaikan informasi, tanpa ada pihak lain yang mengetahui isi dari informasi tersebut walau informasi tersebut disampaikan di depan umum sekalipun.
Wow, it's magic!!
Bukan, ini bukan magic, tapi ini semua adalah tentang sandi.
Bukan juga sandi borobudur atau sandi prambanan, karena meskipun dikenal banyak orang, mereka itu bukan sandi / kode tapi "candi" (bete deh).

Sandi yang saya maksud adalah saat kita mengirim sebuah pesan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh pihak lain selain pihak penerima pesan kita itu.
Contoh sederhana nih, saat kalian sekolah pasti pernah kan yang namanya nulis pesan di kertas terus dilempar-lempar ke teman, atau seseorang yang kalian suka. Nah, untuk mencegah agar temen yang lain tidak tahu isi pesan tersebut, ada juga siswa yang nulis pake kode dengan sandi tertentu.
Misalnya, setiap huruf diubah ke bentuk atau simbol tertentu yang sudah disepakati bersama. Jadi ketika ada teman lain yang baca, kerahasiaan pesan tersebut tetap terjaga, karena yang bisa membaca kode tersebut hanya kamu dan si penerima pesan tersebut.

Nah, hal yang kelihatannya remeh dan hanya permainan iseng anak sekolah tersebut sebetulnya telah banyak digunakan oleh para agen intelijen dan mata-mata untuk mengirim pesan militer dan informasi rahasia lainnya. Hanya saja kode yang mereka gunakan jauh lebih rumit saja.

Pengiriman informasi rahasia dalam peperangan mulai banyak digunakan di era perang dunia pertama. Dalam kondisi genting dan penuh konflik tersebut, manusia mulai berfikir untuk  membuat serta mengembangkan kode dan sandi yang sangat sulit untuk dipecahkan.
Sampai akhirnya diantara perang dunia pertama dan kedua, metode statistik mulai dipakai dalam kriptanalisis dan pengembangan sandi, yang pada akhirnya menghasilkan mesin Enigma pada tahun 1932.

Walau hari ini suhu udara Jogja sangat panas hingga membakar tiap jengkal kulit lembut pengarang, itu sama sekali tidak membuat semangat pengarang luntur untuk mengajak para pembaca belajar salah satu sandi sederhana tapi kereen yang sudah dipakai sejak zaman dahulu yaitu sandi Caesar.

Tapi sebelum semua itu kita jalani bersama, pengarang akan mengajak kalian untuk memahami teknik-teknik dasar membuat dan membaca kode yang akan menjadi kunci kita dalam belajar kode dan simbol nanti.
Sudah siap untuk menjadi The master of code ?
Oke lanjut...

Teknik Sederhana Pembuatan Kode

Ilmu yang secara khusus mempelajari pembuatan kode-kode ini disebut kriptografi (bahasa Yunani, "kriptos" - rahasia dan "graphein" - tulisan).
Kriptografi adalah pembelajaran dan praktek cara-cara yang memungkinkan komunikasi yang aman (atau rahasia) dari pihak ketiga.
Ada tiga komponen utama yang menjadi kunci dalam pembelajaran kita tentang kode dan sandi ini, yaitu :

  1. Pesan rahasia (plaintext)
  2. Kunci (key) dan
  3. Sandi (ciphertext)
Cara membaca sandi. http://indonesianriddle.blogspot.co.id/

Sampai saat ini, ada dua tipe/ cara untuk menciptakan atau memecahkan sandi, yaitu substitusi dan transposisi. Pada kesempatan ini kita hanya akan membahas sandi substitusi.
Sandi substitusi mengubah satu huruf atau karakter di pesan (plaintext), menurut aturan kunci (key), menjadi karakter lain di sandi rahasia (ciphertext)

Sandi Caesar

Yuk, mulai bahas sandi Caesar.
Dalam kriptografi, sandi Caesar, atau sandi geser, kode geser, atau geseran Caesar adalah salah satu enkripsi paling sederhana dan paling terkenal.
Sandi ini termasuk sandi substitusi dimana setiap huruf dalam teks terang / pesan rahasia (plaintext) digantikan oleh huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alfabet.
Pengirim pesan dan penerima pesan sudah saling tahu berapa jumlah selisih atau geseran huruf untuk menulis dan membaca sandi ini.
Mudahnya, mereka sudah sama-sama tahu kalo mereka bakal pake sandi Caesar dengan kunci karakter tertentu untuk bertukar pesan rahasia.
Dalam sandi Caesar, setiap huruf dalam urutan alfabet memiliki nilai indeks masing-masing.
Mari lihat gambar dibawah ini.

http://indonesianriddle.blogspot.co.id/
Huruf/ alfabetdigunakan untuk merangkai pesan.
Sedangkan angka yang berwarna merah adalah nilai indeks dari masing-masing alfabet.

Huruf / abjad digunakan untuk merangkai pesan, sedangkan angka yang berwarna merah adalah nilai indeks dari masing-masing alfabet.
Karakter yang dipakai sebagai kunci juga diambil dari alfabet. Nah, kunci inilah yang nanti dipakai untuk menambah atau menggeser karakter pesan asli untuk menciptakan sandi.
Jika ketika menambah / menggeser alfabet menghasilkan indeks lebih dari 25, urutan indeks kembali lagi ke nol (dari Z mentok, balik lagi ke A)
Langsung aja ke contoh:

Saya ambil contoh dari blognya Zenius.
Misalnya kita ingin menuliskan kata "ZENIUS" dalam pesan rahasia kita dengan kunci B.
Huruf Z-E-N-I-U-S dalam urutan alfabetik diatas adalah 25-4-13-8-20-18. Kunci "B" nilai indeksnya adalah 1.
Dengan menambah kunci B (1) ke pesan kita (ditambahkan saja +1 / geser ke kanan 1 kali semua ke kanan), sandi yang terbentuk jadinya seperti ini : 0-5-14-9-21-19.
Nah, dari bentuk indeks alfabet ini, kita tinggal merubah lagi ke bentuk abjad, jadi sandi yang kita dapat seperti ini : AFOJVT.
Jadi, saat kita mengirim sandi rahasia bentuknya AFOJVT dan kunci yang kita gunakan adalah B (1), maka yang harus dilakukan si penerima pesan adalah, tinggal dikurangi indeksnya -1 atau digeser 1 kali ke kiri, sehingga dapat didekripsi atau dibaca menjadi ZENIUS.

http://indonesianriddle.blogspot.co.id/


Contoh diatas adalah contoh penggunaan sandi Caesar dengan kunci/ key satu lapis (hanya satu kunci yaitu B).
Jika ingin membuat kode menggunakan sandi Caesar agar lebih rumit lagi, kita bisa membuat kunci / key lebih dari satu. Contoh, kata ZENIUS dengan kunci B seperti kasus diatas akan menjadi AFOJVT. Kemudian kita tambahkan lagi kunci / key kedua (misal C) dengan nilai indeks / geseran 2, sehingga AFOJVT akan menjadi CHQLXV (tinggal tambakan +2 atau geser 2 kali ke kanan).
Jadi jika dengan kunci dua lapis seperti ini, saat kita mengirim sandi rahasia bentuknya menjadi CHQLXV dengan kunci BC.
Cara membacanya pun sama, namun kita melewati dua tahap penggeseran ke kiri. Yaitu penggeseran dengan kunci C (2) dulu kemudian dengan kunci B (1).
CHQLXV menjadi AFOJVT menjadi ZENIUS.

Sampai sini sudah paham kan ??
Huff.. panas banget yawlaa.. :( :( 

Konsep berkomunikasi menggunakan sandi Caesar adalah:
Pengirim pesan: memiliki pesan asli, tau kunci, mengerti sandi Caesar. Dia gunakan untuk menghasilkan sandi rahasia.
Penerima pesan: tau kunci, mengerti sandi Caesar, tau sandi rahasia. Dia gunakan untuk memecahkan sandi rahasia untuk mendapatkan pesan asli.

Mudah kan ? Sandi inilah yang digunakan pengarang dalam menulis kasus Basketball Team. Kasus pembunuhan misterius seorang manager sekaligus pelatih sebuah tim basket.
Yang ngerasain serunya kasus ini bisa baca dulu, itung-itung bisa buat latihan analisis dan mecahin kode rahasia. hehe..

Sejarah dan Penggunaan 

Nama sandi Caesar diambil dari Julius Caesar, yang menurut buku Suetonius, Kehidupan Duabelas Caesar, menggunakan sandi ini dengan geseran tiga, untuk mengirim pesan yang mengandung rahasia atau taktik militer.

Jika ia memiliki rahasia yang akan disampaikan, ia menuliskannya dalam sandi, dengan mengganti urutan abjad, sehingga tak satu katapun dapat dimengerti. Jika ada yang ingin membaca pesan-pesan ini, ia harus  mengganti huruf keempat dalam alfabet yaitu D, untuk A, dan seterusnya untuk huruf-huruf lain. - Suetonius, Kehidupan Julius Caesar 56.

Masih belum diketahui seberapa efektif sandi Caesar pada masa itu, namun kemungkinan besar sandi tersebut cukup aman, karena sangat sedikit dari musuh Caesar yang dapat membaca, apalagi yang dapat memecahkan sandi. Tidak ada solusi untuk memecahkan sandi Caesar pada zaman itu. Catatan tertua mengenai pemecahan sandi Substitusi monoalfabetik seperti sandi Caesar adalah pada abad ke-9, oleh kebudayaan Arab Muslim yang menemukan analisis frekuensi.

Pada abad ke-19, iklan pribadi di surat-surat kabar kadang-kadang dituliskan dengan sandi Caesar. David Khan (167) menuliskan beberapa pasangan kekasih berkomunikasi secara rahasia dengan sandi Caesar melalui iklan di The Times.
Bahkan pada perang dunia I, tentara kekaisaran Rusia menggunakan sandi Caesar, karena banyak tentara yang tidak mampu menggunakan metode sandi yang lebih maju, akibatnya para kriptonalis Jerman dan Austria dapat memecahkan sandi-sandi tentara Rusia dengan mudah.

Sekarang sandi Caesar tidak dapat digunakan untuk hal-hal yang penting, namun dapat digunakan untuk kepentingan sederhana seperti diari, surat cinta, menyembunyikan ejekan atau penghinaan, spoiller  dan lain-lain yang tidak melibatkan para ahli.
Sandi Caesar dengan geseran 13 disebut algoritma ROT13, digunakan pada forum-forum internet agar tulisan tidak langsung terbaca.

Pada abad ke-16 ditemukan sandi Vigenère yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari sandi Caesar. Sandi ini menggunakan sandi Caesar dengan bilangan geseran yang berbeda tiap hurufnya, sesuai dengan sebuah kata kunci.
Berbeda dengan sandi Caesar yang dapat dipecahkan melalui analisis frekuensi sederhana. Sandi Vigenère dijuluki le chiffre indechiffrable (sandi yang tak terpecahkan) hingga akhirnya dipecahkan pada abad le-19 dengan cara analisis frekuensi lanjutan.

Pada April 2006, seorang bos mafia buronan Bernardo Provenzano tertangkap di pulau sisilia. Keberhasilan ini tak lepas dari pihak berwenang memecahkan sandi yang digunakan sang buronan. Provenzano menggunakan suatu variasi dari sandi Caesar.

Begitulah sejarah singkat sandi Caesar yang dapat pengarang beberkan kepada para pembaca.
Semoga artikel ini dapet menjadi bahan hiburan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan semoga ikeh-ikeh kimochie tidak lagi dipenuhi butiran debu yang menjadikan pengarang tersesat dan tak tau arah jalan pulang.

See U :)

B.J.Habibie Menyukai Ini :

Previous
Next Post »

37 komentar

Click here for komentar
Lumiere
admin
15 July 2016 at 18:02 ×

Nice info gan hahaha

Reply
avatar
Brilian iLma
admin
17 July 2016 at 15:17 ×

Makasih gan udah mau berkomentar ..
wkwkwkwkwk :D

Reply
avatar
29 October 2018 at 06:50 ×

Itu kalo hurufnya kecil artinya sama atau gimana ya?

Reply
avatar
22 February 2019 at 17:00 ×

"Ly9Obk5wSytaVGRRbFhnNmVXWDZDODN1ZjdLTlU5cXlxajBuY1M5cWZtSDg3WTN0WXI3a1VYOXpkbGJ6"

klau chipertext di atas gimana nerjemahinnya.?
dan pkai software apa..?

Reply
avatar
Unknown
admin
11 March 2019 at 21:25 ×

Bantu saya memecahkan ini:"

◼️------------------🔱-----------------🕰
Beberapa tahun yang lalu, kakak ku menjadi gila, ia menikam saudara ku dan hampir membunuh kedua orang kami.
Tetapi polisi berhasil meringkuk nya sebelum dia berhasil membunuh kedua orang tua ku, sekarang dia sudah berada di RSJ dan mulai dari situ kami tidak pernah mengunjungi nya.
Pagi ini kami mendapatkan surat dari dia di pos.
Aku membuka dan membaca surat itu dan menemukan catatan yang aneh tulisan itu berbunyi!!
"MALAM INI ANGIN BERTIUP BEGITU DINGIN YANG AKU TAHU ADALAH KEGELAPAN,TIDAK PERNAH TERANG.
SAKIT HATI AKAN MEMATAHKAN HATI TERKUAT IMPIAN MASI DALAM GENGGAMAN SAYA"
Aku tidak memahami surat tersebut
Aku pun pergi ke dapur dan memberikan surat itu kepada ibuku
Setelah membaca surat itu ibuku lari ke ruang tamu dan berteriak

(CLUE KODE NYA ADA DI SURAT ITU)
--------------------[+]--------------

Reply
avatar
Unknown
admin
16 March 2019 at 09:22 ×

Ibu berteriak karena si kaka ada diruang tamu.
Di pesan tersebut diketahui bahwa si kaka masih tetap memiliki dendam. Dan dia datang untuk membunuh kedua orang tuanya.
Seperti dalam kata"Impian masih dalam genggaman"

Reply
avatar
Unknown
admin
17 March 2019 at 11:31 ×

tvdpuslkfkcdfdkiijnykkokwsfsnvbjbxsdphwox


Gimna mecahin sandi nya ?

Reply
avatar
Unknown
admin
23 March 2019 at 16:22 ×

Bantu sy memecahkan ini:"




Pada pukul 11.00 WIB. Di sekolahan SMA Negeri 3 Bandung, telah di temukan seorang jasad siswi yang diduga telah di perkosa lalu di bunuh.
Terdapat sayatan di tangan dan leher korban. Dan di temukan sebuah pesan yang terlulis di samping badan korban dengan tulisan

*" V.H.F.X.U.L.W.B "*

Sementara itu, para pihak kewajiban sedang menyelidiki kasus ini
Terdapat 4 orang sementara yang diduga sebagai tersangka atas kejadian ini

*1. Guru IPA:*
_Saya tidak tahu apa apa tentang ini, saya juga tidak tahu kalau ternyata siswi saya yang telah menjadi korban._
*Polisi:*
_Bagaimana anda tahu kalau korban adalah seorang siswi anda?_
*Guru IPA*
_' Hanya terdiam '_

2. *Kepala Sekolah:*
_Saya tidak tahu kalau siswi itu diperkosa lalu dibunuh_
*Polisi:*
_Bagaimana anda tahu kalau korban telah di perkosa dan dibunuh?_
*Kepala Sekolah:*
_' Hanya terdiam '_

*3. Security Sekolah*
_Saya baru saja datang dari toko untuk membeli sejumlah makanan, dan saya tidak tahu kalau ada kasus pemerkosaan_
*Polisi:*
_Bagaimana anda tahu tentang kasus ini?_
*Security Sekolah*
_' Hanya terdiam '_

*4. Musuh Korban:*
_Saya memang membenci dia, tetapi saya tidak pernah melakukan hal buruk ke korban apalagi sampai membunuh korban_
*Polisi:*
_Bagaimana anda tahu korban telah dibunuh?_
*Musuh korban*
_' Hanya terdiam '_

Hingga saat ini, Polisi masih menyelidiki kasus ini.

_Clue: Keamanan_
Gunakan sandi caesar

( Tlng ka sy tdk mengerti )

Reply
avatar
Unknown
admin
15 April 2019 at 21:24 ×

25 ɴᴏᴠᴇᴍʙᴇʀ 1999

sᴇᴊᴀʀᴀʜ ʏᴀɴɢ ᴛᴀᴋ ʙɪsᴀ ᴅɪ ʟᴜᴘᴀᴋᴀɴ ᴡᴀʀɢᴀ ᴋᴏʀᴇᴀ sᴇʟᴀᴛᴀɴ, ᴋᴀʀᴇɴᴀ ᴛᴇʀᴅᴀᴘᴀᴛ ᴋᴀsᴜs ʙᴜɴᴜʜ ᴅɪʀɪ sᴇᴏʀᴀɴɢ ᴛʀᴀɪɴᴇᴇ ʏᴀɴɢ ʙᴀʀᴜ sᴀᴊᴀ ᴍᴇɴᴊᴀᴅɪ ɪᴅᴏʟ, ᴋᴀsᴜs ɪᴛᴜ ʙᴇʟᴜᴍ ᴛᴇʀᴘᴇᴄᴀʜᴋᴀɴ sᴀᴍᴘᴀɪ sᴇᴋᴀʀᴀɴɢ, *ɢᴏ ᴇᴜɴ ʙʏᴜʟ* ᴅɪ ᴛᴇᴍᴜᴋᴀɴ ᴛᴇᴡᴀs ʙᴜɴᴜʜ ᴅɪʀɪ sᴀᴀᴛ sᴇᴛᴇʟᴀʜ ɪᴀ ᴍᴇɴʏᴀɴʏɪᴋᴀɴ ʟᴀɢᴜ ʏᴀɴɢ ʙᴀʀᴜ sᴀᴊᴀ ɪᴀ ᴄɪᴘᴛᴀᴋᴀɴ. ᴍᴇɴᴜʀᴜᴛ ғᴀɴs *ɢᴏ ᴇᴜɴ ʙʏᴜʟ*, ᴛᴇʀᴅᴀᴘᴀᴛ ᴘᴇsᴀɴ ʀᴀʜᴀsɪᴀ ᴅɪ ʟᴀɢᴜ ᴛᴇʀsᴇʙᴜᴛ, ʏᴀɴɢ ᴍᴇᴍɪʟɪᴋɪ ʟɪʀɪᴋ, 
*"ᴀɴɢɪʟ sᴜ ᴇᴏᴘsᴅᴀᴍʏᴇᴏɴ ɴᴀʟ ʙᴀʟᴘɢᴏ ɪʀᴇᴏsᴇᴏ*
*ɴᴜɢᴜᴅᴏ ʜᴀᴍʙᴜʀᴏ ɴᴇᴏʟ ᴍᴏᴛ ᴅᴀᴇʜᴀɢᴇ*
*ᴇᴏᴛᴛᴇᴏʜᴀɴ ɪʏᴜʀᴀ ʜᴀᴇᴅᴏ*
*ɴᴇᴏɴ ɴᴀᴇɢᴀ ᴘɪʀʏᴏʜᴀᴅᴀ*
*ɴᴇᴏʟ ᴡɪʜᴀᴇ ssᴀᴜɴᴇᴜɴ*
*ɪɴʜʏᴇᴏɴɢɪ ᴅᴡᴀᴇ ᴊᴜʟ ɴᴀ"*

sᴇᴛᴇʟᴀʜ ʙᴇʀᴛᴀʜᴜɴ ᴛᴀʜᴜɴ ʟᴀᴍᴀɴʏᴀ ᴘᴏʟɪsɪ ᴍᴇɴʏᴇʟɪᴅɪᴋɪ, ᴍᴇʀᴇᴋᴀ ᴍᴇɴᴇᴍᴜᴋᴀɴ sᴇʙᴜᴀʜ ʙᴜᴋᴜ ᴅɪᴀʀʏ *ɢᴏ ᴇᴜɴ ʙʏᴜʟ*. 

_"ᴅɪᴀ sᴀɴɢᴀᴛ ʙᴀɪᴋ, ᴅɪᴀ ᴀᴅᴀʟᴀʜ sᴇsᴇᴏʀᴀɴɢ ʏᴀɴɢ ᴛɪᴅᴀᴋ ʜᴇʙᴀᴛ, ᴛᴇᴛᴀᴘɪ ᴀᴋᴜ sᴀɴɢᴀᴛ ᴍᴇɴʏᴜᴋᴀɪɴʏᴀ, sᴇᴛɪᴀᴘ ᴍᴀᴛᴀʜᴀʀɪ ᴍᴜɴᴄᴜʟ, ᴅɪᴀ ᴛɪᴅᴀᴋ ᴍᴇɴɢᴀᴊᴀᴋ ᴋᴜ ᴍᴀɪɴ, ᴘᴀᴅᴀʜᴀʟ ᴀᴋᴜ sᴀɴɢᴀᴛ ᴍᴇɴʏᴜᴋᴀɪ ᴘᴇʀᴍᴀɪɴᴀɴ ɪᴛᴜ, ᴀᴋᴜ sᴀɴɢᴀᴛ ʙᴇʀᴀɴɪ, ᴅɪᴀ sᴇʟᴀʟᴜ ᴍᴇɴɢᴀʟɪʜᴋᴀɴ ᴘᴀɴᴅᴀɴɢᴀɴɴʏᴀ, ᴀᴋᴜ ʙᴇʀᴀɴɪ ᴍᴇɴᴀᴛᴀᴘɴʏᴀ, ᴅɪᴀ sᴇʟᴀʟᴜ ᴍᴇɴᴊᴀʜɪᴛ ʙᴀᴊᴜᴋᴜ, ᴀᴛᴀᴜ ᴍᴇɴɢᴀᴍʙɪʟ ʙᴀᴊᴜ ʙᴀʀᴜ ʏᴀɴɢ ʙᴇʀᴡᴀʀɴᴀ ᴘᴜᴛɪʜ, ʙᴀᴊᴜᴋᴜ sᴇʟᴀʟᴜ ᴍᴇɴᴊᴅɪ ʙᴇʀᴡᴀʀɴs ᴘᴜᴛɪʜ ɪᴛᴜ ʙᴜᴋᴀɴ ᴋᴀʀɴᴀ ᴜʟᴀʜɴʏᴀ, ᴀᴋᴜ sᴀɴɢᴀᴛ ᴍᴇɴʏᴜᴋᴀɪ ᴅɪᴀ"_

ᴅɪ ᴛᴇᴍᴜᴋᴀɴ ᴊᴜɢᴀ sᴇʙᴜᴀʜ ᴋᴇʀᴛᴀs ʙᴇʀᴛᴜʟɪsᴋᴀɴ ᴋᴏᴅᴇ ᴀɴᴇʜ ᴅɪ ᴅᴀʟᴀᴍ ᴅɪᴀʀʏ ɪᴛᴜ
*-2 11 17 12 11 6 10*

ᴘᴏʟɪsɪ ᴍᴇɴᴇᴍᴜᴋᴀɴ 4 ᴛᴇʀsᴀɴɢᴋᴀ:

1. sᴇᴜʟɢɪ'ᴀʟᴇ, ᴀʟᴇ ᴀᴅᴀʟᴀʜ sᴀʜᴀʙᴀᴛ ᴅᴇᴋᴀᴛ ᴋᴏʀʙᴀɴ ʏᴀɴɢ ɢᴀɢᴀʟ ᴍᴇɴᴊᴀᴅɪ ɪᴅᴏʟ
"ᴅɪᴀ sᴀʜᴀʙᴀᴛ sᴀʏᴀ, sᴀʏᴀ sᴀɴɢᴀᴛ sᴇᴅɪʜ ᴍᴇɴᴅᴇɴɢᴀʀ ʜᴀʟ ɪᴛᴜ, sᴀʏᴀ ʜᴀᴍᴘɪʀ ɢɪʟᴀ ᴛɪᴅᴀᴋ ᴘᴇʀᴄᴀʏᴀ"

2. ᴊᴇɴɴɪᴇ'ʀᴇᴛᴛᴀ, ᴊᴜʀɪ ᴡᴀɴɪᴛᴀ ʏᴀɴɢ sᴇʟᴀʟᴜ ʙᴇʀᴋᴏᴍᴇɴᴛᴀʀ ᴘᴇᴅᴀs
"ᴅɪᴀ ʙᴜɴᴜʜ ᴅɪʀɪ ᴍᴜɴɢᴋɪɴ ᴋᴀʀᴇɴᴀ ʙᴀɴʏᴀᴋ ʜᴀᴛᴛʀᴇs ʏᴀɴɢ ᴛɪᴅᴀᴋ ᴍᴇɴʏᴜᴋᴀɪ sᴜᴀʀᴀɴʏᴀ ʏᴀɴɢ sᴀɴɢᴀᴛ ʙᴜʀᴜᴋ, ᴊɪᴋᴀ ᴅɪᴀ ᴛɪᴅᴀᴋ ᴍᴇɴᴊᴀᴅɪ ɪᴅᴏʟ ᴍᴜɴɢᴋɪɴ ᴅɪᴀ ᴛɪᴅᴀᴋ ᴀᴋᴀɴ ᴍᴀᴛɪ"

3. ᴄʜᴀɴʏᴇᴏʟ'ᴋᴇʀʟᴀɴ, ᴋᴇᴋᴀsɪʜ ᴋᴏʀʙᴀɴ
"sᴀʏᴀ ᴍᴇɴʏᴜᴋᴀɪ sᴇᴍᴀɴɢᴀᴛ ᴅɪᴀ ᴍᴇɴᴊᴀᴅɪ ɪᴅᴏʟ, ᴛᴀᴘɪ sᴀʏᴀ ᴛɪᴅᴀᴋ sᴜᴋᴀ ᴊᴀᴅɪ ʙᴀɴʏᴀᴋ ᴘʀɪᴀ ʏᴀɴɢ ᴍᴇɴɢᴀɢᴜᴍɪ ᴋᴇᴋᴀsɪʜ sᴀʏᴀ"

4. ᴇᴜɴʜᴀ'sʜᴀsᴀ, ᴄᴇᴏ ᴀʀɢᴇɴsɪ ᴋᴏʀʙᴀɴ
"sᴀʏᴀ sᴇʙᴀɢᴀɪ ᴄᴇᴏ ʙᴇsᴀʀ ᴍᴇʀᴀsᴀ ᴋᴇʜɪʟᴀɴɢᴀɴ ᴡᴀɴɪᴛᴀ ᴍᴜʟᴛɪᴛᴀʟᴇɴᴛᴀ, ᴅᴀɴ ᴀɢᴇɴsɪ ᴋᴀᴍɪ ᴍᴇɴɢᴜᴄᴀᴘᴋᴀɴ ʙᴇʟᴀ sᴜɴɢᴋᴀᴡᴀɴ, ᴋᴀᴍɪ ᴊᴜɢᴀ ᴛᴇʟᴀʜ ᴍᴇɴɢɪʀɪᴍ ᴅᴀɴᴀ ᴜɴᴛᴜᴋ ᴋᴇʟᴜᴀʀɢᴀ ᴋᴏʀʙᴀɴ"

ᴘᴇʀᴛᴀɴʏᴀᴀɴ:

1. ᴀᴘᴀ ᴀʀᴛɪ ʙᴀʜᴀsᴀ ɪɴᴅᴏɴᴇsɪᴀ ʟɪʀɪᴋ ᴛᴇʀsᴇʙᴜᴛ? 
2. ᴀᴘᴀ ᴊᴜᴅᴜʟ ʟᴀɢᴜ ʏᴀɴɢ ᴅɪ ɴʏᴀɴʏɪᴋᴀɴ ᴋᴏʀʙᴀɴ? 
3. ᴀᴘᴀ ᴍᴀᴋsᴜᴅ ᴛᴜʟɪsᴀɴ ᴅɪᴀʀʏ ᴋᴏʀʙᴀɴ? 
4. ᴘᴇᴄᴀʜᴋᴀɴ ᴋᴏᴅᴇ ʏᴀɴɢ ᴀᴅᴀ ᴅɪ ᴅᴀʟᴀᴍ ʙᴜᴋᴜ! ᴍᴀᴋᴀ ᴋᴀᴍᴜ ʙɪsᴀ ᴍᴇᴍᴇᴄᴀʜᴋᴀɴ ᴘᴇʀᴛᴀɴʏᴀɴ ɴᴏᴍᴇʀ 3!
5. sɪᴀᴘᴀ ᴘᴇʟᴀᴋᴜ ᴅɪ ʙᴀʟɪᴋ ᴘᴇᴍʙᴜɴᴜʜᴀɴ ɪɴɪ? sᴇʀᴛᴀᴋᴀɴ ᴘᴇɴᴊᴇʟᴀsᴀɴ ᴅᴀɴ ᴀʟᴀsᴀɴ ᴋᴀʟɪᴀɴ! 
6. ᴊɪᴋᴀ ᴋᴀᴍᴜ sᴜᴅᴀʜ ᴍᴇɴᴇᴍᴜᴋᴀɴ ᴘᴇʟᴀᴋᴜ, ᴘᴄ ᴘᴇʟᴀᴋᴜ ᴅᴀɴ ᴋᴀᴛᴀᴋᴀɴ "ᴋᴀᴍᴜ ᴛᴇʟ

Reply
avatar
Unknown
admin
30 April 2019 at 21:15 ×

Yg minta pecahin dari gc trainee semua:v

Reply
avatar
Unknown
admin
30 April 2019 at 21:16 ×

Yg minta pecahin dari gc trainee semua:v

Reply
avatar
8 May 2019 at 20:35 ×

NAE ANR MGC AME KEP URA SUT EPK PAE EKD RAU TNA IPD HEI ELH WAU ART NIA YTN


Bantu saya

Reply
avatar
Unknown
admin
12 May 2019 at 17:39 ×

Klo RYXPE itu apa artiny????

Reply
avatar
Unknown
admin
19 May 2019 at 07:49 ×

Kalau key : C=D cara memecahkan sandinya bagaimana?

Reply
avatar
Unknown
admin
6 July 2019 at 11:44 ×

bantuin saya dong

Terdapat surat usang bertuliskan:
*32768.32.-1024 1,6/0,5/1,6/0,2/0,5/1,7/0,3/1,3/1,7/3,6// 55/2/777/66/2// -../../.-// ((1.(2.((7.(8.(2.((3.(.((1

Reply
avatar
Unknown
admin
13 August 2019 at 09:44 ×

bantu in riddle dong :"

Reply
avatar
Unknown
admin
13 August 2019 at 09:47 ×

140B40550 440940 UBBGI G34yq58 Yq58Oqy Iq7 5q4jt35 W3OqhU75h6Q KRF RIURI TATSZIZETZ
4414A51494 = 6514C55485


batu say memecahkan ini dong dan pake sandi apa aja. mohonbantuannya 🙏

Reply
avatar
Unknown
admin
13 August 2019 at 09:53 ×

140B40550 440940 UBBGI G34yq58 Yq58Oqy Iq7 5q4jt35 W3OqhU75h6Q KRF RIURI TATSZIZETZ
4414A51494 = 6514C55485


batu say memecahkan ini dong dan pake sandi apa aja. mohonbantuannya 🙏

Reply
avatar
Unknown
admin
13 August 2019 at 09:53 ×

bantu in riddle dong :"

Reply
avatar
Unknown
admin
16 August 2019 at 16:31 ×

Aknk, u a aktkaiund admkae tmaabknaagwn a m dabaletaramln igia nnbi e isdtoau


Kalau sandi ini artinya apa ya?

Reply
avatar
Unknown
admin
2 October 2019 at 19:35 ×

212.233.133.231.312.223.222

Kalau ini apa artinya?

Reply
avatar
Unknown
admin
20 October 2019 at 17:08 ×

V.H.F.X.U.L.W.B

S.E.C.U.R.I.T.Y

Reply
avatar
Unknown
admin
11 November 2019 at 19:20 ×

1.( (8 ((2 ( (1
2.( ((7 (2 (((7

Bantuin mecahin dong:(

Reply
avatar
Unknown
admin
16 November 2019 at 15:52 ×

W.B.F.R.Y.L.A.A.R

Tw g artiny apa?

Reply
avatar
Anonymous
admin
3 March 2020 at 05:19 ×

140B40550 440940 UBBGI G34yq58 Yq58Oqy Iq7 5q4jt35 W3OqhU75h6Q KRF RIURI TATSZIZETZ
4414A51494 = 6514C55485
Bantu mecahin please :(

Reply
avatar
Anonymous
admin
25 March 2020 at 23:21 ×

Gatau

Reply
avatar
Unknown
admin
6 June 2020 at 07:42 ×

╓═══════☆═══════╖
☆○o。 *RIDDLE* 。o○☆
╙═══════☆═══════╜
*_kerjakan sendiri-sendiri, jangan kerja sama!!!_*

︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻

Malam itu perayaan kelulusan SMA 02 Tritmaja. Acara berlanjut hingga larut malam tepat pukul 12 malam semua murid dan para guru memutuskan untuk pulang.

︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻

Keesokan harinya polisi menemukan Alicya meninggal di dalam kamarnya dengan kondisi menggunakan pakaian tidur. Polisi mengatakan bahwa Alicya meninggal karena keracunan dan pukulan benda tajam, di dekat meja TV terdapat tiga kaleng bekas minuman berasa strawberry buatan Shella. Polisi juga menemukan coklat pemberian Rezvan dan Zergan dan polisi menemukan jaket milik Gevan yang berlumuran darah Alicya. Polisi mendengar kabar bahwa Alicia pulang bersama Lylie dan Arlingga.

Polisi menemukan sebuah surat dan pisau milik pelaku polisi mencurigai 6 tersangka.

*1. Rezvan dan Zergan*
"Kami memang memberikan dia coklat pada malam itu dan habis itu kita pergi."

*2. Gevan*
"Jaket itu bukan milikku, aku tidak pernah meminjamkan jaketku kepada dia."

*3. Arlingga*
"Aku hanya mengantarkan Alicya dan Lylie pulang lalu pergi karena orang tua ku memberitahu mereka sudah pulang dari luar negeri."

*4. Shella*
"Memang benar aku yang membuat minuman strawberry itu untuk kami bertiga, tapi sebelum itu aku pulang duluan karena aku sedang pusing dan aku sudah memberikan pesan kepada Lylie bahwa aku pulang lebih dulu."

*5. Lylie*
"Kami memang berencana untuk tidur bersama tapi karena Shella tidak jadi ikut, jadi kami hanya meminum minuman strawberry itu berdua dan ibuku menyuruh pulang karena kakakku sedang melahirkan."

Dan kejadian itu meninggalkan jejak berupa kode dan sandi yang diberikan di dalam surat dan pisau.

︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻

*Kode pisau ::*
75-65-77-73 66-69-82-74-85-77-76-65-72 84-73-71-65 79-82-65-78-71

*Isi surat ::*
pertama : Suka Riddle
kedua : Orang yang cuek
ketiga : Penyendiri

︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻

*Pertanyaan::*
1. Siapa pembunuh Alicya?
2. Alasan kamu menuduh dia sebagai pembunuh Alicya?
3. Apa arti dari kode dan isi surat pembunuh?

︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻

*Jika sudah tau pembunuhnya, kirim riddle ini ke pembunuh lalu mintalah ticket done dan mos selanjutnya*

︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻⋆︻

*Selamat mengerjakan!*
║▌│█║▌│ █║▌│█│║▌║
*©WE ARE GIBSON*

*DL: 06-06-20 , 14.00 wib.*

Bantu mecahin please

Reply
avatar
Unknown
admin
26 August 2020 at 19:36 ×

Klo di clue ada gini :

Type:B

Maksudny gmn???

Reply
avatar
Unknown
admin
17 September 2020 at 20:04 ×

nguzjpznjvjsg , ini ada yang bisa bantu? :(

Reply
avatar
Alha_squad
admin
15 October 2020 at 22:56 ×

Tolong batu jawab dong sandi ini guys " QXEXK GRK RTRKFX HRAER YNGRK QNAZNGJELHYK" tolong bantuin guys

Reply
avatar
Unknown
admin
25 October 2020 at 19:44 ×

1'2°B 5'2°P 1'2°B 5'1°U 6'2°T 1'2°B 6'3°TG ini apa? :((

Reply
avatar
Unknown
admin
10 April 2021 at 13:44 ×

HRYAFGPLAPTGQU-UHFFFAOYSA-N



Ada yang tauuu

Reply
avatar
16 July 2021 at 03:47 ×

Sekelompok detektif ditugaskan untuk memecahkan sebuah kode bertuliskan “QWET”, setelah dipecahkan oleh detektif, kode tersebut menjadi “UZGU”. Lalu, detektif menemukan sebuah kode lain yaitu “ORFT”. Apakah arti dari kode tersebut?
* : sinonim mengandung adalah?
# : Unsur yang juga disebut sebagai zat lemas dan memiliki nomor atom 7 adalah?

Reply
avatar
Anonymous
admin
16 July 2021 at 18:36 ×

Boleh bantu ga?

Ini sandi apa?

ORX8||8|8KO11HU

Reply
avatar
Unknown
admin
7 September 2021 at 19:57 ×

Dapatkan promo judi pulsa online tanpa potongan hanya di Pokervita

REGISTER

Mari tunggu apalagi kawan join GRATIS

Info hub
WA:0812 2222 995

Reply
avatar

Kesempurnaan blog ini juga karena komeng anda yang bermutu. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment